3 Cara Membuat Jus Semangka

Tiga cara membuat jus semangka adalah dengan dagingnya saja, kulitnya saja, dan daging serta kulitnya saja. Semangka, buah serbaguna, menawarkan lebih dari sekedar dagingnya yang lezat untuk dikonsumsi. Meskipun membuat jus dari daging saja merupakan pilihan yang populer, ada baiknya mengeksplorasi dua metode lain untuk mengekstrak rasa lezat dari bagian lain semangka. Berikut tiga cara membuat jus

semangka:

  • Daging saja
  • Hanya kulitnya saja
  • Daging dan kulitnya

Metode-metode ini telah diuji dengan Koleksi Kuvings Whole Slow Juicer kami. Pembuat jus lain mungkin tidak dapat membuat jus dari kulit semangka, jadi lanjutkan dengan hati-hati atau jangan mencoba dua metode terakhir.

Daging Saja

Cara paling populer untuk membuat jus semangka adalah dengan mengekstrak jus dari daging buahnya yang berwarna merah manis, yang biasa kita konsumsi. Daging buah semangka tidak hanya menawarkan rasa manis yang nikmat, tetapi juga membantu hidrasi karena kandungan air semangka yang tinggi yaitu 92% dan kandungan elektrolitnya. Selain itu, daging semangka merupakan sumber likopen alami yang sangat baik, mengandung sekitar 40% lebih banyak likopen dibandingkan tomat mentah. Dengan hanya membuat jus dagingnya saja, Anda akan mendapatkan jus berwarna merah cerah dengan warna yang konsisten.

Hanya Kulitnya saja

Cara ini mungkin membuat Anda kehilangan “kulitnya”, tapi ya, Anda bisa membuat jus kulit semangka sendiri. Membuat jus hanya dari kulitnya saja merupakan cara yang bagus untuk mengurangi limbah jika Anda ingin makan daging semangka secara normal. Kulit semangka juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Dikemas dengan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, potasium, dan seng, kulit semangka adalah pembangkit tenaga listrik rendah kalori. Selain itu, ia kaya akan klorofil, citrulline, asam amino, flavonoid, dan senyawa fenolik, menjadikannya tambahan padat nutrisi untuk rutinitas harian Anda.

Jika Anda khawatir kulitnya terlalu keras sehingga akan merusak slow juicer Kuvings Anda, jangan khawatir. Kuvings Whole Slow Juicer tidak memiliki masalah dengan kulit semangka dan membuat jusnya dengan mudah. Pembuat jus mungkin sedikit lebih keras karena sekrupnya harus bekerja lebih keras untuk memotong dan menghancurkan kulitnya, tetapi Anda akan melihat bahwa pembuat jus menghasilkan ampas dan jus dalam waktu singkat.

Berhati-hatilah karena jus kulit semangka tidak semanis jus daging semangka. Sama seperti kebanyakan lapisan luar buah-buahan dan sayuran, kulit semangka sedikit pahit tetapi tidak terlalu tidak enak. Sedangkan untuk warna jusnya, kurang lebih akan menjadi hijau, tetapi warnanya sangat bergantung pada warna kulit semangka Anda. Pada video berikut, kulit buahnya sangat hijau sehingga menghasilkan warna hijau yang indah.

Daging dan Kulit

Membuat jus semangka utuh memungkinkan Anda mendapatkan manfaat kesehatan dari seluruh bagian semangka. Ditambah lagi, limbah yang dihasilkan lebih sedikit, persiapan lebih sedikit, dan pembersihan lebih mudah. Anda hanya perlu memotong semangka, tidak perlu memisahkan apa pun satu sama lain. Selain itu, kombinasi kandungan air semangka yang tinggi, daging yang lembut, dan kulit yang keras membuat semua daging buah semangka dapat dimasukkan ke dalam pembuat jus dengan mudah, sehingga hanya menyisakan sedikit residu di dalam saringan dan mangkuk pembuat jus.

Dari segi rasa, jus semangka utuh memang memiliki rasa manis semangka namun encer dengan sedikit rasa pahit. Kombinasi ini sangat cocok untuk orang yang menyukai rasa daging semangka namun belum tentu menginginkan semua rasa manis. Warna jusnya tidak secerah jus daging semangka; warnanya merah tua, hampir coklat. Seiring waktu, Anda mungkin mulai melihat dua lapisan berwarna berbeda pada jus. Ini bukan pemisahan yang disebabkan oleh oksidasi tetapi pemisahan yang disebabkan oleh perbedaan kepadatan partikel pada kulit dan daging.

Ketiga metode ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi mudah-mudahan ada satu metode yang cocok untuk Anda dan pembuat jus Anda. Beri tahu kami jika Anda mencoba salah satu metode ini dan seberapa Anda menyukainya di Instagram dan Facebook kami.

webdesign nuc
Ditandai: Juice & Cocktail